-->

khasiat belimbing manis (averhoa carambola L.)



Banyak orang tidak menyadari betapa pentingnya kesehatan untuk dirinya. Mereka baru sadar akan hal ini ketika sudah kehilangannya. Ya, ketika merasakan sakit, orang akan sadar betapa nikmatnya memiliki kesehatan. Rasa sakit yang dirasakan membuat tidak  bisa melakukan berbagai aktivitas seperti biasa. Hanya berbaring di tempat tidur tentunya sangat membosankan.

Sebelum mengalami sakit, marilah jaga kesehatan. Selalu ingatlah bahwa kesehatan yang penting untuk dijaga karena kesehatan merupakan anugerah terbesar yang diberikan oleh Allah SWT untuk makhlukNya. Kita bertugas untuk menjaganya dengan baik misalnya dengan istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, menjaga pola makan dan lain sebagainya. Selalu pakailah semboyan lebih baik mencegah daripada mengobati.

Kehidupan ini sangat membutuhkan air. Manusia dan hewan tak akan bisa hidup tanpa air. Namun, air bersih lebih utama karena melambangkan kesehatan. Manusia akan hidup sehat jika memanfaatkan sumber air bersih di lingkungannya yang belum tercemar. Misalnya saja menggunakan air bersih untuk keperluan sehari-hari seperti minum, mandi, mencuci pakaian dan alat makan, serta kebutuhan yang lainnya. Kita sebagai manusia harus selalau menjaga kebersihan sumber mata air. Meskipun air termasuk sumber daya alam yang bisa diperbarui, namun keberadaan air bersih harus dipertahankan. Jika sumber air tercemar, bukan tidak mungkin akan ada wabah penyakit yang menyerang manusia dan hewan di sekitarnya.

Baik, inilah sebagian khasiat belimbing manis, di antaranya: 

Tanaman ini termasuk familia Oxalidaceae. Untuk mengembangbiakkannya : pencangkokan.
Kandungan : vitamin C.
Kegunaan :
Diabetes, kolesterol, batuk, radang tenggorok, demam.
2 buah belimbing yang sudah masak, dimakan 2x sehari.
        Hipertensi:
        Cara 1: Beberapa buah belimbing muda diparut lalu diminum air perasannya. Lakukan hal ini 2x sehari.
        Cara 2: Segenggam daun belimbing manis dicuci bersih, ditumbuk, diperas, dan diambil airnya sebanyak 1 sendok makan. Campurkan air perasan tsb. Dengan 1 sendok makan air jeruk nipis dan 1/2 sendok makan madu. Lakukan hal ini 2x sehari.
        Bisul: Beberapa helai daun belimbing segar dicuci bersih lalu ditumbuk sambil diberi air cucian beras. Tempelkan ramuan tersebut kebisul dan balut.
        Rematik: Tumbuk akar pohon belimbing dengan sedikit kencur. Campurkan tepung beras secukupnya dan sedikit air keramuan tersebut. Tempelkan kebagian tubuh yang sakit.
        Melancarkan air seni: Segenggam daun belimbing manis setelah dicuci bersih, direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal setengah. Air rebusan ini disaring, diberi sedikit madu. Ramuan ini untuk diminum2x sehari.
        Malaria: Segenggam bunga belimbing kering diseduh dengan segelas air mendidih. Saring dan minum 2x sehari.
        Sakit maag: 10 helai daun belimbing ditambah seujung jari kunyit, dan seujung jari temu kunci direbus dengan 1/2 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, disaring. Airnya diminum sekaligus 1x sehari.

         Nah, sekarang kita sudah tahu sedikit banyaknya tentang khasiat belimbing manis, mari menanam pohon belimbing manis di antara sela-sela tanah kosong rumah kamu.

Berikan pendapat anda tentang "khasiat belimbing manis (averhoa carambola L.)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel