-->

JABAL RAHMAH

Makkah - Ada satu tempat yang tak pernah sepi dari kunjungan para jamaah haji. Tempat itu bernama Jabal Rahmah, kisah pertemuan  Adam dan Hawa. Bahkan, terdapat monumen yang menandakan keduanya. Ada banyak tempat yang menyimpan kisah dan sejarah para nabi di Tanah Suci, Makkah. Jamaah haji pun sering kali melakukan napak tilas dan berdoa di tempat-tempat tersebut dan sekitarnya. Satu tempat yang paling bersejarah adalah Jabal Rahmah.


Jabal Rahmah berada di tepi Arafah yang merupakan suatu kawasan di bagian timur luar Kota Makkah. Jabal Rahmah pun tak jauh dari Padang Arafah, tempat para jamaah haji melakukan ibadah wukuf.
Rahmah memiliki arti kasih sayang. Nama tersebut diambil dari suatu kisah umat Muslim, yaitu pertemuan antara Adam dan Hawa. Jadi, ketika Adam dan Hawa diturunkan Allah SWT ke bumi, mereka diturunkan secara terpisah.

Hingga akhirnya, kedua manusia pertama di muka bumi tersebut bertemu di Jabal Rahmah. Untuk mengenangnya, di atas Jabal Rahmah terdapat suatu tugu yang terbuat dari beton persegi empat dengan lebar 1,8 meter dan tingginya 8 meter. Masyarakat setempat percaya, lokasi bertemunya Adam dan Hawa persis di titik tugu tersebut. Jabal Rahmah sendiri bisa dibilang sebagai bukit. Tingginya hanya sekitar 70 meter saja dan bisa didaki jamaah haji dengan melewati sekitar 160-an anak tangga. Mendaki Jabal Rahmah dari dasar hingga mencapai tugu Adam dan Hawa, biasanya menghabiskan waktu sekitar 15 menit saja.




Jika kita berdo'a ditempat jabal rahmah ini InsyaAllah akan cepat di kabulkan Allah Subhanahu wata'ala, tentu tidak hanya dengan berdo'a saja akan tetapi juga dengan usaha semaksimal mungkin dan sedaya upaya kita, jika berdoa minta di Jabal Rahmah maka permintaannya cepat dikabulkan seperti itulah jabal rahmah, dan tempat-tempat untuk berdo'a pada tanah-tanah yang di ridhoi Allah Subhanahu wata'ala tidak hanya jabal rahmah akan tetpai salah satunya, ada banyak tempat-tempat yang di ridhoi Allah Subhanahu wata'ala seperti makkah , madinah dan banyak lagi. 


Semoga kita di beri kesempatan untuk berkunjung ke jabal rahmah ini dan tempat-tempat lainnya seperti makam Nabi. Semoga dengan Artikel yang singkat ini dapat bermanfaat bagi kita. Aamiin Ya Rabbal 'alamin. Jangan lupa berkunjung lagi untuk artikel-artikel yang lainnya ya...

Berikan pendapat anda tentang "JABAL RAHMAH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel